Rabu, 22 November 2017

Cara Memilih Jurusan Diperguruan Tinggi Dengan Tepat.

ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB^^
Semoga sobat-sobat dalam keadaan sehat semuanya

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang masalah yang sobat-sobat alami dan alasan kenapa sobat membaca tulisan ini, yaitu tentang Cara Memilih Jurusan Diperguruan Tinggi dengan Tepat. 


 Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika diakhir masa SMA. Galau pun selalu melanda hati nurani saya :3 .


Ketika menentukan tamat SMA ingin kuliah dimana, saya harus mempertimbangkan hal-hal yang sama-sama penting, berikut adalah beberapa hal yang harus sobat-sobat pertimbangkan dalam memilih jurusan ketika akan kuliah agar tidak salah jalan.


1.Menentukan Minat.

Hal yang teramat penting dalam menentukan Ingin kuliah dimana yaitu dengan menentukan apa hal yang sobat-sobat minati,diluar dari kemampuan sobat terhadap minat itu. Karena kalau jika kita melakukan apa yang kita sukai,kita cenderung selalu ingin dan ingin bisa melakukan hal yang kita minati tersebut tanpa merasa bosan dan jenuh. Masih bingung?



Mari saya bantu,ikuti langkah berikut:

*Pikirkan sebanyak-banyaknya mata pelajaran yang paling anda sukai dan tulis disebuah kertas/buku(mata pelajarannya ya, bukan gurunya :v nanti malah milih jurusan ini ini ini karena gurunya cantik/ganteng,karena ga pernah marah,karena ujian openbook,, wah gawat nanti tuh wkwkwk..oke lanjot bang, iya iya...oia dan satu lagi, bangku kuliah sama sekali tidak sama denga bangku di SMA..ingati ini baik2:) ya)

*Kenali mata pelajaran/mata kuliah yang sobat tulis tadi,sekali lagi saya tekankan bahwa Perguruan Tinggi tidak sama dengan SMA, Geografi di SMA sama sekali tidak sama dengan Geografi di Perguruan Tinggi,pembahasan Geografi di SMA lebih jauhnya bisa kita peroleh diperguruan tinggi, sobat-sobat bisa cari lewat google atau bertanya langsung pada guru BK.

*Coret mata kuliah yang sobat kurang suka, dengan meng-eliminasi mata kuliah yang kurang diminati ,sobat dapat meminimalkan resiko Salah Jurusan.

*Memperoleh target JURUSAN. :v  selamet ea..


2.Melihat prospek kerja

Setelah menentukan pilihan sementara sobat-sobat, cobalah cari kesempatan kerja bagi lulusan jurusan yang sobat pilih lewat google atau guru BK disekolah. Jika lewat google sobat bisa mengetik dimesin pencaharian "lowongan kerja bagi lulusan "......" perguruan tinggi atau bisa mengetik "prospek kerja bagi lulusan "......." .

Carilah Pekerjaan yang sobat ingin dan dicita-citakan. Semakin tau apa yang kita kejar,semakin besar semangat kita untuh meraihnya. Namun ingat, Bekerja tidak selalu tentang Gaji Yang Besar. Kita harus mencintai apa yang akan kita kerjakan dan harus halal tentunya, Gaji dan Rejeki sudah ada yang mengaturnya kok :) .

3.Lihat Passing grade Jurusan .

Untuk mempertimbangkan apakah sobat bisa masuk dan lulus seleksi(baik SNMPTN/SBMPTN/Mandiri),sobat harus melihat Passing grade jurusan tersebut. Apa itu Passing Grade dan bagaimana cara melihatnya? Klik kanan link disini ya => Pengertian Passing Grade dan Gunanya apa? 


4.Memperkirakan Saingan

Hal ini bisa dilakukan dengan menanyai kepada guru BK tentang berapa saingan sobat dalam 1 sekolah yang memilih jurusan dan prodi yang sama. Jika guru BK nya sibuk,bisa dilihat dari kelas dahulu, sobat tanyai dan cari teman yang memilih jurusan dan PTN yang sama dengan sobat,hitung dan perkirakan apakah sobat lebih mampu dibanding mereka. :)


5. Memohon petunjuk dari Tuhan dan Ridho Orang tua.

Kenapa Hal ini saya letakkan dinomor 5? karena saya tau sobat-sobat semua tentunya sudah melakukan hal ini tanpa saya letakkan pun diurutan pertama :D jadi ini hanya sekedar mengingatkan saja.


itulah beberapa saran dari saya untuk menentukan Pilihan Jurusan agar tidak salah jalan, ehh kalau udh kepilih dan rasanya ga cocok gmna min? :D 

Jika nanti sobat merasa kurang betah dijurusan, belum terlambat untuk kembali kejalan yang sobat inginkan.. kecuali kalau udah semester 7 ya :v bunuh diri itu namanya wkkwkw...

 

 

sekian tulisan singkat saya kali ini,semoga bermanfaat bagi sobat yang membaca nya dan saya doakan agar kalian bisa diterima diperguruan tinggi yang kalian cita-citakan.Aaamiin ^^
Wassalamu'alaikum wr.wb


 


2 komentar: